• Home
  • Posts RSS
  • Comments RSS
  • Edit
  • Search This Blog

    Share This

    SISTEM DIGITAL - PREVIEW

    Sep 3, 2011
    dan inilah dia ! yang terakhir hehe
    Sistem Digital.


    Jika kita pernah nonton Matrix, ada kode2 ijo debelakangnya, mungkin sperti itulah sistem digital.


    Sistem Digital adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrip berupa digit-digit atau angka-angka, contohnya bilangan integer dan pecahan.

    Disini kita akan mmpelajari kode2 boolean yang bernilai 'true' atau 'false', ada juga integer yg bernilai angka, kemudian ada string yg bsa berisi komentar.

    Tujuan pembelajaran makul Sistem Digital ini adalah :
    Mahasiswa mampu memahami dengan benar konsep dasar sistem digital
    sebagai pembentuk komponen utama komputer, dan dapat menganalisis serta
    merancang sistem digital sederhana.

    Kemudian pokok bahasannya adalah :
    1. Sistem Bilangan; Penjelasan Sistem Digital dan Analog, Sistem bilangan biner, octal, desimal dan heksadesimal, konversi antar sistem bilangan. Pengkode-an BCD, Excess-3, 8-4-2-1, Gray, dan lain-lain.
    2. Aljabar Boole dan penyederhanaan fungsi Boolean: Gerbang logika OR, AND. NOT, XOR, NAN. Tabel kebenaran, fungsi-fungsi Logika dan implemantasinya ke dalam gerbang logika, Bentuk SOP dan POS, Penyederhanaan fungsi boolean secara matematis dan Teori De Morgan, Penyederhanaan dengan K-Map, dan dengan Tabulasi.
    3. Rangkaian Kombinasional: Adder, Subtractor, Decoder, Encoder, Multiplexer, Demultiplexer. Perancangan rangkaian kombinasional sederhana.
    4. Synchronous Sequential Logic: Konsep rangkaian sequensial yang sinkron, SR Latch, Flip-Flop SR, JK, D, dan T, Pengenalan State Diagram, Analisa rangkaian sekuensial, Merancang rangkaian dengan menggunakan Flip-flop,
    5. Register, Counter dan Memory: Konsep Register, Register dengan Parallel Load, Shift Register, Counter, Binary Up-Down Counter, Memory Decoding, Desain memori, Error Corection, Arsitektur ROM.
    6. Algorithmic Satate Machine (ASM): ASM Chart, ASM Block, Timing Sequence, Desain Rangkaian dengan ASM Chart.
    7. Asynchronous Sequential Logic (ASL): Konsep Dasar ASL, Transition Table, Flow Table, Race Condition. Contoh Desain rangkaian ASL, Penyederhanaan State dan Flow Table

    Contoh paling sederhana dlm sistem digital adalah jam digital. Itu mempunyai sistem tersendiri yg sudah dibuat dlm sbuah controller.
    Dan jika kita menggunakan komputer, kemudian perhatikan processor nya, itu adalah sebuah contoh penerapan sistem digital.


    Sistem digital ini mempelajari ttg elektronika dimanakita harus mengetahui ttg chip-chip, integrated circuit, gerbang logika, dll dimana sy blm paham semuanya :D


    Dalam mempelajari makul ini, kita harus punya logika yang kuat dlm memahami logika-logika yg ada.


    Supaya tidak tambah bingung, sy akhiri saja penjelasan sy smpai disini,
    Wassalamualaikum Wr. Wb. >.< source :

    1. Buku Katalog Teknik Informatika 2009-2010

    2. http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_system

    3. http://bayuzu.blogspot.com/2011/01/pengertian-sistem-digital.html



    0 comments:

    Post a Comment